Pura Luhur Giri Arjuno

by - Juli 02, 2017


Gunung Arjuno adalah sebuah gunung berapi kerucut di Jawa Timur, Indonesia dengan ketinggian 3.339 m dpl. Gunung Arjuno merupakan gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur setelah Gunung Semeru dan Gunung Raung, serta menjadi yang tertinggi keempat di Pulau Jawa. Nama Arjuno berasal dari salah satu tokoh pewayangan Mahabharata, Arjuna. (sumber : wikipedia)

Ternyata di lereng Gunung Arjuno terdapat wisata religi yang banyak dikunjungi wisatawan loh, yaitu Pura Luhur Giri Arjuno. Pura Luhur Giri Arjuno ini terletak di Junggo Tulungrejo Kota Batu, saya mengunjungi tempat ibadah ini masih dalam rangka tugas kuliah hehe. Pura luhur Giri Arjuno ini merupakan pura terbesar di Jawa Timur, pura ini dibangun pada tahun 1997-1998. Pura ini juga biasanya dijadikan objek wisata religi bagi umat Hindu di Malang dan sekitarnya yang sedang berkunjung.


Perjalanan ke pura ini cukup lama karena lumayan jauh dari pusat Alun-Alun Kota Batu, untungnya akses jalan menuju pura cukup baik jadi jauhnya tidak terasa. Dalam perjalanan ke Pura Luhur Giri Arjuno, saya melewati perkebunan jeruk, apel dan ladang sayur beserta para petani yang sedang bercocok tanam. Semakin mendekati lokasi, hawa dinginpun semakin terasa. Setelah memasuki kawasan Pura Luhur Giri Arjuno, terdapat banyak tamu yang datang untuk bersembahyang, jadi saya dan teman-teman menunggu para pengunjung menyelesaikan ibadahnya sebelum melakukan peliputan.


Setelah pengunjung dari Bali tersebut menyelesaikan sembahyang, akhirnya kami masuk untuk melakukan peliputan dan wawancara dengan pemangku Pura Luhur Giri Arjuno. Sebelum memasuki pura, kami terlebih dulu diberi bebet atau selendang yang sudah disediakan untuk para pengunjung dan wajib digunakan saat memasuki pura.

Nah, berikut ini adalah beberapa foto pemandangan di Pura Luhur Giri Arjuno yang berhasil saya abadikan.




Selama melangsungkan peliputan, saya dan teman-teman disambut dengan hangat oleh pemangku, ini yang membuat saya percaya bahwa toleransi beragama masih kuat, serta pemandangan di Pura luhur Giri Arjuno yang sangat indah membuat saya dan teman-teman tertarik untuk kembali lagi suatu hari nanti..


Xoxo,

Chici

You May Also Like

0 komentar