Hal-hal Yang Perlu Disiapkan Sebelum KKN

by - Mei 20, 2018


Salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa di Universitas tempat saya menimba ilmu adalah kegiatan Kuliah Kerja Nyata atau yang disingkat dengan KKN. Nah, setelah semester 6 selesai, saya mendaftar untuk mengikuti KKN dan saya ditempatkan di Desa Purwoasri, Singosari – Kab. Malang.

Sebelum  melakukan KKN tentunya saya perlu untuk menyiapkan beberapa hal termasuk barang-barang yang akan saya bawa saat KKN, terlebih selama ini saya belum pernah tinggal berpisah dari orang tua, membayangkannya saja saya jadi sedih, hiks. Namun, disisi lain saya menganggap kegiatan KKN ini juga untuk melatih saya agar lebih mandiri dan bergaul dengan masyarakat sekitar.

Hal-hal yang perlu untuk disiapkan sebelum melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) menurut saya adalah sebagai berikut :

Survey Lokasi
Menurut saya hal pertama yang perlu dilakukan sebelum menyiapkan hal-hal sebelum KKN adalah melakukan survey lokasi tempat KKN. Nah, kegiatan survey ini diperlukan agar mahasiswa dapat mengetahui potensi yang dimiliki oleh desa tersebut, sehingga program kerja yang nantinya dilaksanakan sesuai dengan potensi desa.

Membuat Grup Chat KKN
Hal ini juga sangat penting guna memperlancar komunikasi dan koordinasi setiap anggota KKN, dan pada jaman yang modern ini tentu membuat grup chat sangat mudah, bisa melalui Line, Whatsapp, BBM, dsb.

Proposal Kegiatan
Meskipun proposal kegiatan dapat dirancang saat awal-awal masa KKN, namun akan lebih baik jika sebelum melaksanakan KKN kita dapat membuat ancang-ancang kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama kegiatan KKN, baik proposal kegiatan kelompok maupun proposal kegiatan besar (satu kelompok KKN).

Mempersiapkan Barang-Barang Yang Akan Dibawa

Dapat dikatakan bahwa saya merupakan orang yang sangat ribet dalam urusan bepergian, apalagi untuk bepergian selama 45 hari KKN tentu saya akan menyiapkan segala keperluan saya dengan matang, agar semua barang yang saya perlukan selama KKN bisa saya gunakan saat dibutuhkan. Nah, barang-barang apa yang saya bawa? Yuk simak berikut ini!

  • Pakaian, Saya melist pakaian pada point pertama karena kegiatan ini dilakukan dalam waktu yang lama jadi saya membawa pakaian yang banyak dan sesuai kebutuhan, karena mahasiswa KKN tidak selalu bisa pulang kerumah setiap minggu. Pakaian apa saja yang saya bawa? Pakaian yang saya bawa selama KKN saya bedakan menjadi 3, yaitu : pakaian formal, semi formal, dan pakaian untuk di posko. Pakaian formal ini terdiri dari jas almamater, baju resmi KKN, dan setelan untuk mengadiri acara formal di desa (seperti kemeja putih dan rok hitam), kemudian semi formal seperti blouse, hem, rok, gamis dan baju lainnya, yang dapat dipakai di kegiatan semi formal seperti piket di kantor desa, halal bihalal di kantor desa, dsb. Terakhir adalah pakaian untuk di posko, saya membawa beberapa celana training dan kaos, tidak lupa juga membawa jaket dan masker.


  • Sepatu dan sandal, Sepatu juga saya bedakan menjadi 3, yaitu sepatu untuk acara formal, disini saya membawa sepatu pentofel, sepatu semi formal seperti flatshoes, dan sandal untuk sehari-hari, tidak lupa saya juga membawa sepatu keds apabila ada kegiatan kerja bakti atau olahraga.


  • Makeup, Skincare Dan Perlengkapan Mandi, Jika kamu sudah membaca blog saya sejak lama, tentu kamu tahu kalau saya sangat doyan dandan. Jadi, saya membawa banyak sekali perlengkapan makeup, bukan untuk buka salon dadakan ya, hahaha. Saya hanya membawa beberapa makeup dan skincare yang saya gunakan rutin setiap harinya, makeup (bb cream, bedak, blush on, mascara dan lipstick) skincare (body lotion, serum, pelembab wajah, pelembab bibir, masker dan parfum). Tidak lupa juga saya membawa perlengkapan mandi agar tidak sampai meminjam milik orang lain (sabun, sikat gigi, pasta gigi, shampoo, facial foam, handuk dan lulur jika ada waktu untuk luluran hehe). Satu lagi yang paling penting yaitu sisir, jangan sampai berbagi sisir dengan orang lain, nanti kalau kutuan gimana? Hihi.


  • Obat-Obatan Yang Diperlukan, Karena saya biasanya tiba-tiba migraine, sembelit, dan masuk angin jadi saya membawa obat. Saya juga membawa povidon iodine dan handsaplast, untuk berjaga apabila terluka selama KKN (luka fisik, bukan hati).


  • Lain-lain, Dalam point ini tidak lupa saya juga membawa kacamata, softlens & cairannya, kamera untuk dokumentasi, charger, headset, laptop, alat tulis menulis, hanger pakaian, detergen, dsb.



***
Uang
Last but not least, adalah uang, selama kegiatan KKN saya jauh dari orang tua selama 45 hari jadi uang sangat diperlukan apabila ada kebutuhan yang mendesak. Selain uang tunai saya juga membawa uang di tabungan agar dapat digunakan sewaktu-waktu.

Itulah tadi hal-hal yang perlu disiapkan selama kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) versi saya, semoga membantu ya. See you!


Xoxo,

Chici 

You May Also Like

0 komentar