Wisata Sejarah Candi Badut Malang

by - September 24, 2017


Setuju gak kalau pilihan tempat wisata di Kota Malang itu sangat beragam? apalagi sekarang, banyak tempat wisata baru dan kekinian yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun manca negara untuk berkunjung ke Kota Malang.

Namun selain tempat wisata baru tersebut, wisata sejarah peninggalan zaman dahulu juga sangat menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Candi Badut. Tempat wisata bersejarah ini cocok untuk kamu masukkan dalam list wisata yang akan kamu kunjungi saat berada di Kota Malang.

Candi Badut Malang

Candi Badut merupakan satu candi peninggalan Kerajaan Kanjuruhan yang terletak di Kota Malang, tepatnya di Desa Karang Besuki. Usia candi ini diperkirakan lebih dari 1400 tahun dan ditemukan pada tahun 1921 dimana bentuknya pada saat itu hanya berupa gundukan dari reruntuhan bebatuan bercampur tanah. Orang pertama yang memberitakan keberadaan Candi Badut adalah Maureen Brecher yang merupakan seorang kontrolir Belanda yang bekerja di Malang. Candi Badut dibangun kembali pada tahun 1925-1927 di bawah pengawasan B. De Haan dari Jawatan Purbakala Hindia Belanda. (sumber : sejarahbudayanusantara)

Pos untuk mengisi buku tamu

Papan larangan yang berada di kompleks candi
Wisata Candi Badut dibuka mulai pukul 08.00 -15.00 WIB dan akses menuju ke tempat wisata yang satu ini cukup mudah, bisa menggunakan Google Maps. Wisata Candi Badut berada di area perkampungan warga dan terletak dikiri jalan jika kamu dari arah Tidar. Terdapat papan nama yang bertuliskan 'Candi Badut' di jalan masuk menuju area wisata, sayangnya papan nama tersebut tidak terlalu besar, sehingga memungkinkan pengunjung kelewatan karena tidak melihatnya.

Setelah masuk area wisata, kamu harus ke pos penjaga untuk mengisi buku tamu. Kemudian kamu bisa menikmati keindahan sejarah peninggalan Kerajaan Kanjuruhan ini. Tiket masuknya berapa? tenang aja, untuk masuk ke tempat wisata ini pengunjung tidak dikenakan biaya sepeserpun alias gratis.

Sejarah Candi Badut
Foto mandjah di Candi Badut

Di kompleks Candi Badut juga terdapat arca-arca dan untuk masuk kedalam candi pengunjung bisa melewati tangga dibagian barat candi, namun sayang pengunjung yang tidak berkepentingan tidak diperkenankan masuk. Halaman sekitar Candi Badut sendiri, menurut saya sangat terawat dan bersih, meskipun ada beberapa coretan-coretan pengunjung yang tidak bertanggungjawab. Sebaiknya saat kita berkunjung ke tempat bersejarah seperti ini, janganlah merusaknya karena candi ini memiliki nilai historis yang tidak ternilai.

Baca juga : Wisata Sejarah Museum Bentoel

Demikianlah cerita singkat saya saat berkunjung ke Candi Badut, saya merasa senang berkunjung ke tempat wisata seperti ini, karena dapat menambah wawasan tentang sejarah kerajaan zaman dahulu. Recommended ? tempat wisata sejarah yang satu ini wajib untuk dikunjungi. Tapi ingat, selalu patuhi aturan yang ada dan jangan membuang sampah sembarangan ya... see you. 


Xoxo,

Chici

You May Also Like

0 komentar