Klenteng Kwan Im Tong - Kota Batu

by - Mei 07, 2017


Hai-Hai, sudah pernah berkunjung ke Kota Batu?

Kota Batu memiliki berbagai macam wisata, karena itulah dikenal sebagai Kota Wisata Batu. Namun Kota Batu juga memiliki tempat-tempat ibadah yang banyak dikunjungi wisatawan saat berwisata ke Kota Batu, salah satunya adalah Klenteng Kwan Im Tong.

Klenteng Kwan Im Tong terletak di Jalan Gajah Mada - Kota Batu, tepatnya di sebelah kanan dari arah Alun-Alun Kota Batu.

Saya dan teman – teman berkesempatan mengunjungi Klenteng Kwan Im Tong ini saat pembuatan company profile. Kami memilih tema tentang tempat beribadah, karena kami ingin mengangkat makna toleransi antar umat beragama. 

Sejarah Klenteng Kwan Im Tong ini awalnya hanya rumah biasa, sekitar tahun 1960an direnovasi untuk dijadikan klenteng, ungkap penjaga klenteng. Klenteng Kwan Im Tong juga merupakan satu-satunya klenteng yang berada di Kota Batu. Jadi menurut penjaga klenteng, banyak wisatawan tionghoa yang menyempatkan beribadah di Klenteng Kwan Im Tong.

Saat kami mengunjungi Klenteng Kwan Im Tong ini, didalam klenteng masih sepi meskipun gerbangnya terbuka. Dan setelah meminta izin ke penjaga, kami masuk kedalam untuk melakukan peliputan.


Setelah masuk kedalam Klenteng kami melihat banyak sekali patung, beberapa persembahan, dan lilin-lilin yang menyala. Untuk bangunannya sendiri, ada tembok klenteng yang memiliki relief Dewi Kwan Im yang sedang mengendarai naga, kemudian juga terdapat patung Dewi Kwan Im Tong ditengah ruangan. Dan dibagian luar terdapat penyangga yang berbentuk ukiran-ukiran naga.


Klenteng Kwan Im Tong selalu dijaga dan dirawat dengan baik, tidak heran jika tempat beribadah ini sangat bersih dan terawat. Jadi, buat kamu yang sedang berkunjung ke Kota Batu, tidak ada salahnya untuk mampir ke Klenteng Kwan Im Tong ini.


Xoxo,

Chici

You May Also Like

0 komentar