Wisata Sejarah Museum Bentoel

by - Maret 05, 2017


Kota Malang memiliki banyak sekali destinasi wisata, salah satunya adalah wisata sejarah seperti Museum Bentoel.

Museum ini terletak di Jln. Wiromargo no. 32 – Kota Malang, yang berdekatan dengan pasar besar. Museum ini terbuka untuk umum dan tidak ada biaya untuk tiket masuk (gratis). Museum Bentoel buka hari Selasa – Minggu pukul 08.00 – 15.00 WIB, dan menurut penjaga museum ini dulunya adalah pabrik rokok pertama dari PT. Bentoel.

Sejarah PT. Bentoel Group bermula dari pabrik rokok kecil bernama "Strootjes Fabriek Ong Hok Liong", yang didirikan oleh Ong Hok Liong. Pada tahun 1954 pabrik rokok tersebut berubah nama menjadi PT. Perusahaan Rokok Tjap Bentoel dan pada akhir tahun 1960-an, Bentoel Group menjadi perusahaan pertama di Indonesia untuk memproduksi rokok kretek filter buatan mesin dan membungkus kotak rokoknya dengan plastic yang kemudian menjadikan inovasi ini sebagai standard pada industry tembakau nasional. (Source : Wikipedia)

Halaman depan Museum Bentoel
Patung Ong Hok Liong dan Sepeda Onthel
yang dulu digunakan

Jika dilihat dari luar, Museum ini memang seperti rumah karena memang dulunya adalah rumah yang dijadikan tempat usaha pembuatan rokok. Dibagian depan museum terdapat patung Ong Hok Liong yang merupakan pendiri PT. Bentoel dan saat memasuki ruangan, kita bisa melihat beberapa rokok hasil produksi dari PT. Bentoel mulai dari dulu hingga saat ini dan juga contoh bahan pembuatan rokok, alat giling rokok, sepeda onthel yang digunakan pada zaman dulu untuk menjual rokok, serta kolase-kolase foto dari karyawan dan pimpinan PT. Bentoel.

Di dalam museum

Mengunjungi Museum Bentoel ini sangat menyenangkan sekali, selain bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat juga bisa berfoto ditempat yang menjadi sejarah berdirinya salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia.

Recommended deh! Buat yang pengen wisata sejarah yang menarik tapi gratis.


Xoxo,

Chici

You May Also Like

0 komentar