Lihat... Tidak ada yang mati karena kehilangan seseorang

by - Juni 20, 2024

Tidak ada yang perlu dijelaskan dari apa yang sudah selesai di masa lalu... 

Jika kita membahas benar atau salah maka tidak ada yang benar, karena dari awal saja semuanya sudah salah. Jika mau menuduh dan menyalahkan juga tidak ada gunanya karena bagiku semua sudah selesai.. sudah sejak lama. 



Apa baiknya dipilih oleh orang yang belum selesai dengan masa lalunya? Orang yang masih merasa ingin memiliki semuanya dan tidak tau inginnya siapa? Orang yang masih abu-abu dan tidak bisa memutuskan. Jika itu aku, itu tidak membuatku bahagia. Pilihan yang tepat untuk bersama orang lain yang mungkin tidak bisa hidup tanpa kamu, karena aku bisa.  

Tentang kesalahan saat itu aku menyebutnya "mimpi buruk", kuanggap itu buah dari ketidakdewasaanku, kekecewaanku, serta rasa sedih yang inginku salurkan dalam sesuatu. Wanita muda yang tidak kamu jaga 2 tahun lalu itu sedang tidak bisa berpikir jernih dan mudah dikendalikan orang. Jika diingat sekarang itu hanya menjadi cerita lucu di masa lalu yang bisa ku ingat dengan tersenyum sambil terus menyesalinya.

Membahas tentang pria lain yang dibicarakan orang yang bahkan mengenalku hanya dari kulit luar, 
orang seperti itu akan selalu kutemukan di manapun, jadi jangan khawatir. Lucunya adalah orang yang ku kira lebih mengenalku justru mempercayainya, ahh sudahlah... aku tertawa membacanya dan kupikir itu bualan yang lucu.

Pergi dari pekerjaan itu adalah salah satu keputusan terbaik yang aku lakukan di hidupku, ironi memang caranya harus seperti itu. Tapi... lihat aku sekarang, aku berada di tempat yang jauh lebih baik, aku berhasil merangkak sejauh ini, meskipun dengan bekerja keras aku bisa meraih posisi yang mungkin diinginkan oleh sebagian orang di usiaku, aku merasa nyaman karena lingkunganku sangat supportif, dan aku luar biasa dihargai. Orang sepertiku tetap akan bisa bertahan di manapun, jadi... tidak ada yang perlu disalahkan. Mereka hanya perantara Tuhan untuk membuatku pergi. Aku juga tidak menyalahkanmu karena bersama mereka saat itu, bayangkan saja jika aku masih berada di aquarium itu, mungkin aku tidak bisa terbang seperti sekarang.

Segala hal yang telah terjadi di masa lalu tidak bisa diubah tapi prespektifku tentang masa lalu bisa ku ubah dengan cara berdamai dan menerima semua kenangan menyakitkan yang sudah terjadi. Salah satunya ya dengan menulis disini, karena aku bebas mengekspresikan seluruh kekesalan, kemarahan, dan kesedihanku hingga tak bersisa. Terimakasih kepada orang yang membuat berita buruk tentangku, jangan mengharapkan reaksi lebih dariku karena aku hanya akan diam.

Kupikir keputusan yang tepat untuk memblokir semua akses komunikasi agar bisa sembuh, karena tidak ada hal baik yang tersisa. Akupun memilih tidak bertukar kabar dengan orang di masa laluku, tidak dengan siapapun.

"Berteman? jangan memikirkannya. Kamu adalah seorang suami dan ayah sekarang. Dewasalah. Terkadang, kamu terlalu kekanak-kanakan. Aku sangat bahagia untukmu. Lihat.. tidak ada yang mati karena kehilangan seseorang."

Kita tetap bisa menjalani hidup masing-masing...



Cc.

You May Also Like

0 komentar